RSS Feed Berlangganan posting via RSS FEED

Atau berlangganan posting via email:


value="http://www.youtube.com/v/Hz86TsGx3fc&hl=en_US&fs=1&" name="movie"/>

Thursday, December 17, 2009

Cara Enyahkan Kolesterol


Peningkatan jumlah oarang pengidap kolesterol salah satunya di karenakan berubahnya pola gaya selera makan tinggi, yang menyebabkan asupan lemak berlebih di tubuh, yang biasanya disertai dengan. Timbulah penyakit jantung ataupun serangan jantung. Walaupun itu susah terhindari, Anda bisa melakukannya dari tahap mengontrol hingga perubahan gaya hidup.

Perubahan gaya hidup dapat dilakukan secara bertahap:

Stop merokok

Ketika seseorang berhenti merokok, maka kadar HDL dalam tubuh akan meningkat. Keuntungan lainnya adalah sekitar 20 menit setelah berhenti merokok, tekanan darah akan turun dan dalam waktu 24 jam risiko untuk terkena serangan jantung juga akan turun. Dalam waktu 1 tahun risiko untuk terkena penyakit jantung menjadi setengah dari perokok dan dalam waktu 15 tahun risiko untuk terkena penyakit jantung akan sama dengan mereka yang tidak pernah merokok.

Mengurangi berat badan

Kelebihan berat badan walaupun hanya beberapa kilogram berisiko meningkatkan kadar kolesterol. Jadi setiap usaha untuk menurunkan kelebihan berat badan, walaupun hanya 3-5 kg dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Asupan makanan

Makanan yang dikonsumsi sangat mempengaruhi kadar kolesterol. Batasi makanan yang tinggi lemak seperti jerohan, daging merah ataupun susu full cream, lebih baik pilih ikan yang tinggi kadar omega-3 ,daging ayam atau produk dari kacang-kacangan sebagai sumber protein. Waspadai juga lemak trans yaitu lemak yang tidak terlihat yang biasanya terdapat pada margarin dan kue kering. Bila mengkonsumsi produk dari gandum pilihlah yang terbuat dari whole grain karena kandungan seratnya baik untuk tubuh. Paling penting adalah konsumsi sayur dan buah yang mencukupi dan bahkan tidak ada batasan maksimalnya, bila perlu gantilah camilan keripik atau kue kering yang biasa dengan buah atau sayuran segar.

Olahraga rutin

Olahraga secara rutin sangat baik untuk siapapun, baik yang sedang ingin menurunkan berat badan ataupun yang memiliki berat badan normal. Olahraga sedang yang dilakukan secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar HDL yang baik bagi tubuh. Dianjurkan untuk berolahraga setiap hari selama 30 hingga 60 menit, kecuali dokter menganjurkan lain.

Alkohol

Walaupun telah ada penelitian yang menunjukkan hubungan antara minum alkohol dengan peningkatan kadar HDL di tubuh, tetapi karena keuntungannya tidak besar maka hal ini tidak dianjurkan terutama bagi mereka yang belum pernah minum alkohol sebelumnya. Bagi yang mengkonsumsi alkohol, disarankan untuk membatasi penggunaannya menjadi hanya sekitar 1 gelas per hari untuk wanita atau 2 gelas per hari untuk pria.

Terkadang perubahan gaya hidup seperti yang telah disebutkan diatas tidak cukup untuk menurunkan kadar kolesterol menjadi seperti yang diinginkan. Apabila demikian jangan berputus asa dan teruskanlah perubahan gaya hidup tersebut karena terkadang memang hasilnya tidak langsung terlihat. Bila perlu konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan obat-obatan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol


klik disini Uang mengalir