RSS Feed Berlangganan posting via RSS FEED

Atau berlangganan posting via email:


value="http://www.youtube.com/v/Hz86TsGx3fc&hl=en_US&fs=1&" name="movie"/>

Friday, August 21, 2009

Terapi Hentikan Dengkuran


MENDENGKUR tidak hanya mengganggu ketenangan tidur orang lain tetapi juga merupakan gejala gangguan kesehatan yang dikenal dengan sleep apnea.

Sleep apnea (henti nafas) merupakan gangguan pernafasan yang membuat Anda harus terbangun untuk mulai bernafas lagi. Untuk menghindari nya, Anda bisa mendeteksi dini gangguan kesehatan yang membahayakan ini. Berikut beragam terapi, mulai dari yang paling sederhana hingga operasi yang bisa menjadi pilihan Anda.

Terapi sederhana

Menurunkan berat badan. Cara ni terbukti efektif meredakan gangguan mendengkur tingkat ringan hingga sedang. Menurunkan sedikit saja berat badan dinyatakan bisa mengurangi jaringan lemak di bagian belakang tenggorokan dan sekaligus mengurangi dengkuran.

Tidur menghadap ke samping. Jika Anda mendengkur saat tidur terlentang, cobalah meredakannya dengan tidur menghadap ke samping.

Naikkan posisi kepala. Cobalah menaikkan kepala tempat tidur Anda sebanyak 4 inci. Cara ini akan membantu Anda bernafas lebih mudah dan mendorong lidah dan rahang bergerak ke depan. Selain itu, ada baiknya tidur tanpa bantal (atau memilih bantal yang telah didisain khsusu) untuk memastikan kalau otot-otot leher Anda tidak berkerut.

Hindari makanan tertentu, alkohol dan obat-obatan sebelum tidur. Alkohol dan obat-obatan akan membuat otot-otot tenggorokan dan lidah semakin rileks , sehingga kecenderungan mendengkur semakin besar. Obat tidur atau obat penenang bisa membantu Anda tidur, tetapi obat ini juga merilekskan otot dan meningkatkan kemungkinan mendengkur. Selain itu, produk-produk susu tinggi lemak akan menyebabkan pembentukan mucus di tenggorokan yang juga memicu dengkuran.

Longgarkan saluran pernafasan Anda. Hidung berair akan membuat Anda kesulitan menarik nafas dan menciptakan ruang hampa udara di tenggorokan. Hal ini juga memicu dengkuran. Agar bernafas lebih mudah, Anda bisa menggunakan nasal decongestant atau nasal strip saat tidur.

Bernyanyi. Bernyanyi bisa meningkatkan kontrol otot di tenggorokan dan langit-langit lunak sehingga mengurangi dengkuran yang dipicu oleh otot-otot yang kendur.


Pengobatan medis

Continuous Positive Airway Pressure (CPAP)

Sebuah mesin akan ditempatkan di samping tempat tidur Anda untuk menghembuskan udara ke dalam masker yang Anda kenakan menutupi hidung dan wajah. Cara ini berfungsi untuk memastikan kalau saluran pernafasan Anda tetap terbuka saat tidur.

Perangkat yang dipasang di mulut

Bentuknya hampir sama dengan pelindung mulut yang biasa dikenakan para atlet. Alat ini bisa membantu membuka saluran pernafasan dengan cara membawa rahang bawah atau lidah ke depan saat tidur. Sebagian besar alat ini terbuat dari akrilik dan pas dikenakan di mulut. Ada juga yang pas dikenakan di kepala dan dagu untuk menyesuaikan posisi rahang bawah. Anda bisa meminta bantuan dokter untuk menemukan perangkat yang tepat.

Operasi

Operasi tertentu seperti Uvulopalatopharyngoplasty (UPPP), Thermal Ablation Palatoplasty (TAP), tonsillectomy, dan adenoidectomy bisa memperbesar ukuran saluran pernafasan dengan cara mengangkat atau memperbaiki jaringan-jaringan yang tidak normal.

Pillar procedure atau palatal implantation

Ini merupakan metode operasi baru yang menunjukkan hasil yang menjanjikan. Dalam proses ini, dokter akan memasukkan implan plastik berukuran kecil (panjangnya kurang dari 1 inci) ke dalam langit-langit lunak dengan menggunakan alat menyerupai semprotan.. Jaringan luka yang terbentuk di sekitar implan akan menyebabkan jaringan langit-langit lunak menjadi kaku sehingga menghentikan getaran penyebab dengkuran.(OL-08)


No comments:

klik disini Uang mengalir